5 Cara Tepat Merawat Koleksi Action Figure


Pecinta action figure atau model karakter tentu ingin koleksinya tersebut terjaga dengan baik. Benda koleksi ini memang memiliki estetika tersendiri dan harus dijaga dengan cara yang tepat. Jika Anda gemar mengoleksi model karakter ini maka pastikan untuk merawatnya sebaik mungkin agar terlihat selalu estetik, bersih, dan bagus.

Tips Perawatan

Benda ini merupakan replika atau tiruan dari karakter tertentu. Terkenal memiliki ukuran yang mungil dan detail yang rumit, benda ini seringkali mudah menyimpan debu. Jika langkah perawatannya tidak tepat maka koleksi model karakter ini bisa cepat rusak. Berikut adalah 5 cara tepat merawat koleksi model karakter yang Anda punya:

1. Simpan di Tempat Khusus

Langkah pertama, simpanlah semua model karakter koleksi Anda di tempat khusus. Benda ini memiliki ukuran yang tergolong mungil dan harus disimpan dengan hati-hati. Jika Anda memang berniat mengoleksi dalam jumlah banyak maka sediakan ruang khusus yang cukup luas untuk menyimpan semua karakter tersebut.

Lemari kaca menjadi salah satu rekomendasi tempat penyimpanan yang bisa Anda gunakan. Jenis lemari ini bisa melindungi semua koleksi Anda dengan baik dan mencegahnya terkena debu. Selain itu, lemari berbahan kaca juga mempermudah semua koleksi model karakter ini terlihat. Anda bisa memamerkan semua koleksi tersebut secara rapi dan aman.

2. Bersihkan secara Rutin

Pastikan untuk membersihkan semua koleksi action figure secara rutin. Telah disebutkan sebelumnya bahwa benda koleksi ini punya ukuran yang mungil dan detailnya cukup rumit. Hal tersebut menyebabkand debu atau kotoran mudah menempel. Jika dibiarkan saja maka akan meninggalkan kekusaman dan menurunkan estetika.

Pastikan untuk membersihkan semua koleksi model karakter ini. Gunakan lap yang lembut dan sikat lembut untuk menjangkau bagian kecil. Lakukan pembersihan secara berkala agar tidak terlalu banyak debu yang menumpuk. Terlalu lama dibiarkan akan membuat debu menumpuk dan semakin sulit dibersihka.

3. Hindarkan dari Sinar Matahari

Simpanlah semua koleksi Anda ini di tempat yang teduh atau terhindard dari sinar matahari. Paparan sinar matahari ternyata bisa merusak keaslian warna dan menurunkan estetika. Perlu diketahui juga bahwa harga model karakter ini cukup tinggi, jika estetikanya turun maka harganya juga pasti akan berkurang.

Meskipun Anda meletakkan model karakter di dalam lemari namun posisikan lemari jauh dari paparan langsung sinar matahari. Selain bisa merusak warna, sinar matahari juga bisa membuat cat mengelupas. Kondisi ini tentu akan membuat model karakter Anda jadi tidak berharga lagi.

4. Atur Suhu Ruangan

Perhatikan juga suhu ruang tempat Anda menyimpan model karakter ini. Sebaiknya simpan lemari yang menampung semua koleksi Anda ini di ruang dengan suhu yang rendah. Udara yang kering lebih disarankan daripada suhu tinggi karena bisa memicu kelembapan.

Lingkungan yang lembap sangat tidak baik untuk menyimpan koleksi model karakter. Kelembapan yang tinggi bisa memicu munculnya jamur. Jika sudah muncul jamur maka kualitas model karakter bisa menurun.

5. Jangan Sering Digerakkan

Model karakter ini mungkin terlihat seperti mainan tapi tidak seharusnya sering dimainkan. Sesekali tak apa memainkan dan membongkar koleksi Anda. Namun sangat disarankan untuk tidak terlalu sering menggerakan model karakter ini.

Terlalu sering menggerakan model karakter akan membuatnya menjadi rapuh dan memperbesar kemungkinan rusak. Jika terlalu sering dibongkar maka model karakter bisa jadi longgar dan membuatnya mudah terlepas. Itulah mengapa sebaiknya koleksi ini cukup dipandangi saja demi menjaga kualitasnya.

Cara perawatan yang tepat akan membuat action figure koleksi Anda selalu terjaga kondisinya. Selain bisa dijadikan hobi, mengoleksi model karakter ini juga bisa mendatangkan keuntungan. Anda bisa menjual kembali dan menjadikan benda koleksi ini sebagai objek berbisnis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Tepat Merawat Koleksi Action Figure"

Posting Komentar