5 Cara Merawat Boneka Beruang agar Tetap Bagus dan Awet


Boneka tak hanya bisa menjadi sekadar mainan. Lebih dari itu boneka bisa dijadikan sebagai teman dan alat edukasi bagi anak-anak. Salah satu jenis boneka yang banyak difavoritkan oleh anak-anak bahkan orang dewasa adalah boneka beruang. Jenis boneka ini perlu dirawat sebaik mungkin agar kualitasnya tetap bagus dan awet hingga lama.

Merawat Boneka

Perawatan boneka seringkali diabaikan begitu saja karena dianggap sepele. Padahal langkah perawatan yang tepat akan membantu boneka bertahan tetap bagus dan awet digunakan. Berikut ini adalah 5 cara tepat dan efektif merawat boneka agar tampilannya selalu bagus seperti boneka baru:

1. Ikuti Petunjuk Label

Sebenarnya mudah saja untuk merawat boneka yang Anda miliki. Lihat saja petunjuk perawatan yang sudah tertera pada label. Boneka biasanya dilengkapi dengan label dan di sana tercantum langkah perawatan yang disarankan. Petunjuk perawatan tersebut sudah disesuaikan dengan jenis bahan sehingga benar-benar efektif untuk menjaga kondisi boneka.

Pada label boneka juga tertera informasi lengkap mengenai detail material boneka. Selain anjuran perawatan, biasanya juga ada larangan perlakuan boneka untuk menjaga kualitasnya. Ikuti saja anjuran dan larangan yang sudah tercantum di sana dengan baik.

2. Lakukan Pencucian

Salah satu cara menjaga kualitas boneka adalah dengan memelihara kebersihannya. Apalagi jika boneka sering dimainkan, tentu ada banyak debu dan kotoran yang tersimpan di sana. Jika boneka tidak dibersihkan, tampilannya pasti akan memburuk. Selain itu, boneka yang kotor dan menyimpan debu juga tidak baik bagi kesehatan anak yang memainkannya.

Lakukan pencucian boneka secara rutin. Ikuti petunjuk pencucian yang sudah ada pada label. Biasanya proses pencucian boneka lebih disarankan dengan metode manual daripada memakai mesin. Jika memang ingin menggunakan mesin maka atur setting-nya dengan tepat sehingga boneka tidak akan rusak.

3. Jemur Boneka

Sangat disarankan untuk menjemur boneka beruang Anda secara rutin. Tidak hanya setelah selesai dicuci, penjemuran juga bisa dilakukan kapan saja. Tak perlu menjemur boneka langsung di bawah sinar matahari. Anda bisa mengangin-anginkan boneka untuk sementara. Cara ini dilakukan agar boneka tidak bau apek dan selalu dalam kondisi kering.

4. Periksa Kondisi Jahitan

Berikutnya jangan lupa untuk rutin memeriksa kondisi jahitan boneka. Seiring dengan berjalannya waktu dan frekuensi pemakaian, jahitan boneka bisa saja terlepas atau mengendur. Jika hal ini terjadi maka segera perbaiki dengan jahitan yang lebih kuat. Ini dilakukan untuk menjaga kondisi boneka agar tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Periksa bagian-bagian sambungan yang biasanya sering terlepas. Setelah itu periksa juga bagian mata dan aksesori lainnya yang dijahitkan ke tubuh boneka. Jika ingin boneka selalu dalam kondisi bagus seperti baru maka jahitannya harus diperiksa rutin dan diperbaiki segera ketika ada yang rusak.

5. Simpan dengan Cara yang Tepat

Saat boneka tidak digunakan, simpanlah di tempat yang aman dengan cara yang tepat. Anda disarankan untuk membungkus boneka dengan rapi dan rapat. Pastikan bungkus boneka tidak ada celah sehingga tidak ada debu yang bisa masuk ke sana. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan kantong vakum untuk menyimpan boneka. Pastikan tempat penyimpanannya kering agar tidak muncul jamur.

Itulah tadi 5 cara merawat boneka beruang agar selalu awet seperti baru. Pastikan untuk merawatnya sebaik mungkin sehingga kualitasnya selalu terjaga. Jika kualitasnya terjaga maka boneka bisa dipakai untuk jangka waktu lama bahkan bisa turun-temurun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Merawat Boneka Beruang agar Tetap Bagus dan Awet"

Posting Komentar