4 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Bagi anak yang usianya diatas dua tahun, waktu untuk pemakaian gadget yang direkomendasikan hanya hingga dua jam dalam sehari saja. Namun sayang, dalam kehidupan sehari-hari, sangat gampang ditemui belum dewasa yang hanya menghabiskan waktunya untuk bermain gadget. Padahal sebetulnya belum tentu apa yang diperoleh anak dari permainan gadgetnya bisa bermanfaat bagi masa depannya. 


4 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Seorang pakar perkembangan anak berjulukan Dr. Kristy Goodwin mengatakan, membangun korelasi yang sehat diantara anak dan gadget sangat perlu dilakukan. Menurutnya, ‘’Anak-anak seringkali melampaui kemampuan teknis orang tua. Bahkan diantara mereka ada yang sudah berlajar menadap, menggesek, dan mengoperasikan gadgetnya sebelum berguru memegang pensil, bermain sepeda, dan mengikat tali sepatunya,’’ ungkap Goodwin yang dikutip dari Essenstial Baby.

Karena pada dikala ini teknologi sudah semakin maju, tak ayal situasi tersebut pun menjadikan duduk masalah dimana orang bau tanah mesti memperbarui keterampilannya biar tidak ketinggalan dengan si anak. Dan demikianlah apa yang disampaikan oleh Goodwin. Menurut Goodwin lagi, bermain gadget itu tidak selalu berdampak bukur bagi anak. Asalkan digunakan dengan benar dan tetap sesuai dengan usianya, gadget sebetulnya juga bisa sangat bermanfaat.

Manfaat yang bisa anda ambil diantaranya sebagai media berguru interaktif, sarana mengasah kreativitasnya, dan menunjukkan pemberian pada anak yang memiliki kebutuhan pembelajaran yang berbeda. Oleh alasannya itu, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan orangtua biar si kecil tidak kecanduan gadget, sebagaimana yang diungkap oleh Goodwin sebagai berikut :

1. Buatlah Batasan Waktu Yang Jelas   

Goodwin selalu mendorong para orang bau tanah untuk bersikap tegas dalam menerapkan batasan waktu. Kalau ayah dan ibu mau membentuk kebiasaan sehat dalam menggunakan teknologi pada si anak. Jika Cuma dengan ucapan batasan waktu susah untuk diterapkan pada waktu si anak bermain gadget, Goodwin menunjukkan saran untuk menggunakan aplikasi jam yang sanggup membatasi pemakaian gadget. Saat waktu bermain gadget sudah habis, gawai itu akan terkunci sendiri dan gres bisa digunakan lagi di waktu-waktu berikutnya.

2. Jauhkanlah Gadget Anda di Saat-Saat Tertentu

Goodwin menganjurkan kepada anak untuk menjauhi gadget pada waktu-waktu tertentu. Terutama disaat waktu tidur siang dan tidur malam. Paparan cahaya berwarna biru dari gadget justru sanggup menghambat produksi melatonin tubuh. Apa akibatnya? Tentu saja anak dan orang tuanya jadi sulit untuk tidur. ‘’Di dalam penerapan hukum membatasi gadget, teladan dari orang bau tanah amatlah penting,’’ ujar Goodwin.

3. Anda Harus Memperlakukan Gadget Dengan Baik dan Benar

‘’Hindarilah pemakaian gadget sebagai imbalan atau suap. Karena, kita mau belum dewasa melihat teknologi sebagai alat, bukan mainan. Disaat gadget digunakan sesuai dengan fungsinya, bukan untuk hadiah, anak lebih mungkin menciptakan korelasi yagn sehat dengan teknologi,’’ papar Goodwin.    

4. Anda Jangan Lupa Melakukan Kegiatan Outdoor

Disini Goodwin menekankan wacana pentingnya menyeimbangkan antara waktu bermain gadget dengan waktu melaksanakan permainan real. Menurut Goodwin, bermain dengan cara tidak terstruktur di luar ruangan, bergerak serta mengeksplorasi lingkungan sekitar sangat penting untuk perkembangan belum dewasa yang sehat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget"

Post a Comment